Wednesday, February 14, 2018

Apa sih Wireshark itu?


Wireshark merupakan software untuk melakukan analisa trafik lalu lintas pada jaringan komputer (Network Analyzer). Wireshark ini memiliki fungsi yang berguna bagi Administrator Jaringan, Peneliti, Profesional Jaringan, bahkan hingga Pengembang piranti lunak jaringan dan Pengembang Protokol Komunikasi. Awalnya software ini bernama Ethereal, pada Mei 2006 proyek ini mengganti namanya menjadi Wireshark karena ada masalah pada Merek Dagang.

Wireshark digunakan oleh Network Administrator untuk menganalisa bagaimana kinerja pada jaringannya. Wireshark juga mampu menangkap Paket - paket data atau informasi yang berjalan dalam jaringan yang terlihat dan semua jenis informasi ini dapat dengan mudah menganalisanya menggunakan cara Sniffing. Cara Sniffing ini dapat memperoleh informasi penting seperti Password, Email, hingga data yang lain.

Contoh Network Analyzer
Wireshark dapat mengambil atau memperoleh data dalam satu jaringan, mau itu dari Ethernet, Token-Ring, FDDI, Serial (PPP dan SLIP), Wireless, dan Koneksi lainnya. Wireshark ini dapat melakukan banyak hal seperti Melakukan Troubleshooting Permasalahan Jaringan, Melakukan Pengujian Masalah Keamanan, Melakukan Debugging Implementasi Protocol dan Mempelajari Protocol Jaringan. Wireshark ini dapat disebut dengan aplikasi yang Waw!. Kenapa? karena dengan menggunakan Wireshark ini pengguna bisa saja mencuri informasi yang cenderung ada pada jaringan contoh seperti Password, Username, Cookie, Email, dan lain sebagainya.

Apa saja fitur yang terdapat pada Wireshark ini?. Wireshark ini memiliki fitur yang dapat digunakan untuk beberapa platform sistem operasi (Unix, Mac, Windows dan Linux) fitur ini disebut dengan Multiplatform. Wireshark juga dapat melakukan capture Paket Data atau menangkap paket data jaringan secara real time. Wireshark juga dapat menampilkan informasi protokol jaringan dari paket data secara lengkap. Fitur selanjutnya yaitu dapat menyimpan Paket Data yang telah di Capture dan Paket Data yang disimpan tersebut nantinya dapat dibuka kembali untuk analisis lebih lanjut. Wireshark ini juga dapat memFilter Paket Data Jaringan. Pencarian Paket Data dengan kriteria yang spesifik. Tampilan Paket data yang berbeda warna agar mempermudah saat menganalisa Paket Data dan fitur dari Wireshark ini dapat menampilkan data statistik.

Referensi :


No comments:

Terimakasih telah memberikan komentar yang sesuai dengan artikel dan komentar anda sangatlah membantu.

close
close